Rabu, 17 Juli 2019

Pengalaman Mengikuti VCI Batch 4 dan Menyongsong VCI Batch 5

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada postingan blog kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya menjadi salah satu peserta kegiatan Virtual Coordinator Indonesia (VCI) Batch 4 Wilayah Jawa Barat. Awal mulanya, saya mengenal kegiatan VCI ini dari salah seorang kepala sekolah yang membagikan flyer tentang kegiatan VCI Batch 4 Wilayah Jawa Barat.

Pertama kali, saya tidak terlalu tertarik dengan kegiatan VCI ini. Alasannya sangat sederhana, karena saya tidak tahu dan belum mengenal VCI ini. Selain itu, saya pun mengalami kebingungan harus melakukan apa dalam kegiatan VCI nanti. Namun, saya kembali mempelajari flyer yang telah saya dapatkan. Saya pikirkan baik-baik, lalu tersirat bahwa saya harus mencoba VCI ini. Saya pikir jika saya mengikuti VCI ini, maka kemampuan saya dalam hal literasi informasi dan teknologi akan semakin berkembang. 

Salah satu program atau materi VCI yang menarik bagi saya adalah belajar menjadi narasumber, host, dan moderator. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya, karena saya adalah pribadi yang notabene susah berbicara di depan umum. Apalagi ini melalui virtual atau online.

Beberapa hal yang saya pikirkan adalah terkait dengan ketersediaan signal yang harus kencang dan kuat. Namun, hal itu bukan halangan karena semangat saya untuk mengikuti kegiatan VCI Batch 4 sudah membara.

Singkat cerita, saya pun mendaftarkan diri sebagai peserta VCI Batch 4 ini. Dengan niatan, ingin mengembangkan diri saya secara terus menerus, demi program menjadi guru pembelajar sepanjang hayat.

Beberapa hari kemudian, saya tergabung dengan grup WhatsApp yang mempunyai nama VCI 77 Jabar 11. Setelah itu, saya mulai mengerti bahwa saya telah menjadi peserta VCI Wilayah Jawa Barat untuk Kabupaten Garut. Jadi, 77 itu kode wilayah Jawa Barat, sedangkan 11 untuk wilayah Kabupaten Garut.

Saya pun mulai mengenal Penanggung Jawab kegiatan VCI 77 Jabar 11. Beliau bernama Bapak Fikri. Beliau menjelaskan tentang prosedur bagaimana kegiatan VCI ini berlangsung. Saya tertarik dengan pemaparan Pak Fikri via grup WA VCI 77 Jabar 11 ini. Tidak lupa, saya berkenalan dengan tiga instruktur hebat dalam kegiatan VCI Batch 4 ini. Mereka adalah Ibu Elis Nurhayati, Ibu Diana Santi, dan Bapak Ayi Kurniawan. Mohon maaf, bila ada kesalahan dalam penulisan nama ataupun gelar.

Selanjutnya, kami dituntun untuk mengikuti berbagai kegiatan VCI Batch 4. Kegiatan dimulai dengan pengenalan tentang webex. Webex, nama yang sangat langka bagi saya? Ternyata webex adalah aplikasi untuk melakukan berbagai kegiatan konferensi secara virtual. Webex sendiri sudah ada yang gratis disediakan dengan jumlah partisipan bisa sebanyak 200 orang.

Kemudian, para instruktur secara sabar membimbing kami. Kami pun dianjurkan mengikuti pemamparan materi umum selama 3 hari. Dari kegiatan pemaparan materi umum tersebut, saya mengetahui tentang proses dan jadwal VCI ini akan berlangsung. Saya pun mengenal tentang pembuatan akun webex, pembuatan flyer digital dengan canva dan my poster wall, dan pembuatan presensi digital dengan google form. Tidak lupa saya pun mengenal pembuatan QR Code menggunakan QR Stuff dan juga shorten link dengan bit.ly dan gg.gg.

Saya dan teman-teman mengikuti kegiatan pembukaan VCI Batch 4 secara virtual. Melihat jumlah peserta yang mencapai ribuan se-indonesia, semakin membuat saya tertarik mengikuti kegiatan VCI ini. Saya mulai belajar bagaimana cara membuat akun webex, jadwal room meeting, membuat presensi dan flyer digital, QR Code, shorten link, dan tidak kalah pentingnya adalah merekam presentasi dengan Camtasia atau Faststone, kemudian memposting atau upload ke Youtube. 

Kegiatan-kegiatan ini membuat saya semakin jatuh cinta dengan VCI. Ilmu pengetahuan saya akan teknologi semakin bertambah. Kompetensi saya sebagai narasumber, host, dan moderator semakin terasah. Saya pun mengenal orang-orang hebat di belakang VCI ini, seperti Ibu Umi Tira, Bapak Ferdi, dan Bapak Gatot. Saya baru mengenal mereka adalah orang-orang hebat yang berkiprah membuka tol langit pendidikan. Dan saya bersama teman-teman diundang menjadi bagian dari penjaga tol langit pendidikan ini. Mendengar perkataan ini, saya dan teman-teman terharu serta mendapat pecutan untuk memajukan dunia pendidikan, melalui media virtual ini.

Dalam kegiatan VCI ini, grup kami dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok difasilitasi 1 orang instruktur. Saya mendapatkan kelompok dengan bimbingan Ibu Elis Nurhayati. Beliau membimbing saya dengan sangat sabar sehingga saya bisa membuat berbagai tugas dalam kegiatan VCI ini. Jumlah peserta Batch 4 VCT 77 Jabar 11 ini berjumlah 66 orang.

Selain mengenal para instruktur dan pilar-pilar penjaga tol langit. Saya pun memiliki teman-teman baru, guru-guru hebat di VCT 77 Jabar 11 ini, seperti Bapak Dede Iman Nudin. Beliau adalah sahabat saya, kami akrab sebelumnya di kegiatan pemilihan Guru SD Berprestasi Kabupaten Garut. Selain Pak Dede, saya akrab dengan salah satu guru SMK 3 Muhammadiyah Kadungora, beliau bernama Bapak Adi Nuryadi. Pak Adi adalah sarjana lulusan S-1 Multimedia. Bersama Pak Dede dan Pak Adi lah, kami bertiga solid untuk mengikuti berbagai kegiatan VCI ini.

Selama seminggu, kami semua bahu membahu untuk melakukan serangkaian tugas VCI batch 4. Alhamdulillah, berkat kerjasama kami bertiga, dibimbing oleh para instruktur, dan disokong oleh dorongan teman-teman yang lain. Saya dan beberapa teman yang lainnya berhasil menyelesaikan tugas dengan cepat. Ah, sungguh senangnya dan semakin semangatlah kami mengikuti VCI ini.

Tidak lebih dari sebulan atau akhir Juni 2019, sebagian besar dari kami selesai melaksanakan berbagai tugas VCI dan kami dinyatakan lulus. Senang sekali mendapatkan berbagai ilmu, dan tentunya mendapat sertifikat dari SEAMOLEC, sertifikat pelatihan bertaraf internasional. Keren bukan?

Terima kasih untuk teman-teman seperjuangan. Terima kasih untuk para instruktur dan penanggung jawab. Serta terima kasih untuk pilar-pilar pendiri VCI ini. Berkat VCI ini saya dapat ilmu yang sangat bermanfaat dan teman-teman yang banyak.

Implikasi setelah mengikuti kegiatan VCI ini, saya bisa mengikuti berbagai pelatihan daring dari SEAMOLEC yang lainnya. Saya sangat beruntung menjadi bagian dari VCI batch 4 kemarin.

Kemudian, sekarang akan dilaksanakan VCI Batch 5. Saya sangat tertarik untuk menjadi instruktur yang baru pada VCI batch 5 ini. Saya ingin terus belajar. Berbagi ilmu pengetahuan dan berbagi kebahagiaan pastinya.

Besar harapan saya memiliki kesempatan ini. Menjadi salah satu bagian dari VCI ini. Berikut saya sertakan hasil-hasil dari kegiatan saya dan teman-teman dalam kegiatan VCI 77 Jabar 11 Batch 4 kemarin.


Contoh Presensi Digital Saat Menjadi Host




Contoh Kuis Digital Menggunakan Google Form

 


Contoh Flyer Digital Saat Menjadi Moderator


dan



Contoh Rekaman Video Presentasi Saat Menjadi Narasumber

 https://youtu.be/LqDpJtHjxdA 

dan 

https://youtu.be/85gSx2GUPoE

Contoh Slide Materi Presentasi Saat Menjadi Narasumber



Sekarang, saatnya kita memasuki VCI Batch 5. Bapak dan Ibu hebat di manapun berada, khususnya wilayah Jawa Barat, mari kita sama-sama bergabung dalam kegiatan VCI Batch 5. Karena dengan mengikuti kegiatan VCI ini, Bapak dan Ibu tidak akan rugi. Bahkan kemampuan Bapak dan Ibu, khususnya dalam bidang teknologi dan informatika semakin bertambah. Hal ini sangat Bapak dan Ibu perlukan dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dan keterampilan abad 21.

Flyer Digital VCI Batch 5 Wilayah Jawa Barat


dan 


Bapak dan Ibu hebat sekalian, kami tunggu partisipasinya untuk bergabung dengan VCI Batch 5 Wilayah Jawa Barat. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kelancaran. Aamiin...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




Referensi

https://youtu.be/85gSx2GUPoE
https://youtu.be/LqDpJtHjxdA
www.google.co.id
www.youtube.com

3 komentar:

  1. Silakan, Bapak dan Ibu hebat sekalian dapat berbagi pengalamannya kepada saya juga... Saya tunggu!

    BalasHapus
  2. Luar biasa. Semakin sukses pa Angga💪💪💪💪

    BalasHapus
  3. Terima kasih Bu... Mohon bimbingannya kembali di training selanjutnya🙏🙏🙏

    BalasHapus