Jumat, 11 Oktober 2019

Review Konten Rumah Belajar: Jenis-Jenis Usaha

Hari ini kita akan mereview konten rumah belajar. Konten yang akan direview yaitu materi jenis-jenis usaha untuk jenjang sekolah dasar (SD).
Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan manusia yang saling menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan ekonomi masyarakat beragam aneka ragam. Ada yang bekerja sebagai petani, pedagang, nelayan dan lain-lain.
Ayo kita pelajari kegiatan ekonomi atau jenis-jenis usaha yang ada di masyarakat!
Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam kehidupan sehari-hari karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat barang yang dibutuhkannya. Oleh sebab itu, kita perlu bekerja sama dengan orang lain. Ada yang bekerja sebagai petani, berkebu,  beternak, pedagang, jasa dan lain-lain.
Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi
Tanah air kita merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa karena begitu luas dan indah. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai kegiatan orang-orang di sekeliling kita. Mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada yang bekerja di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, pertambangan, perindustrian, perdagangan, dan pariwisata.
Nah, sekarang kita akan mempelajari usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok. Pertama ada usaha ekonomi perorangan, contohnya pertanian. Usaha pertanian ini dilakukan dengan modal terbatas seorang petani mengolah dan penggarap sawah dengan daya terbatas.
Ada juga kegiatan atau usaha dalam bidang ekonomi yang dikelola secara kelompok misalnya perusahaan perseroan terbatas (PT). Ada pula kehutanan atau perkebunan yang dikelola secara berkelompok dan tidak oleh satu orang saja. Kita amati sekarang beberapa kegiatan atau usaha manakah yang termasuk jenis-jenis usaha perorangan ataupun kelompok. Misalnya beternak biasanya dilakukan oleh perorangan. Perkebunan ada yang perorangan namun lebih banyak pada kelompok.  Lalu kehutanan, kehutanan biasanya dilakukan secara berkelompok. perikanan biasanya dilakukan untuk mencari ikan dilakukan perorangan. Begitupun dengan petani biasanya digarap dengan perorangan, baik itu sebagai petani maupun hanya penggarapnya saja.
Video Konten Rumah Belajar






Demikian review konten rumah belajar kali ini. Semoga bermanfaat!
Terima kasih.

Referensi:
https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/0c3711945c3c41a297d119fedf41d3ec 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar